Materi – Dasar Pemrograman HTML

HTML atau Hyper Text Markup Language. Adalah bahasa yang digunakan untuk mendesain dan memformat halaman web. Kita mungkin sudah mendengar tentang bahasa program seperti C, C++, Java, dan Visual basic. Masing-Masing bahasa ini terdiri dari perintah sintak dan programming . Sintak ini adalah yang programmer gunakan untuk memanggil kode. Sangatlah penting mengetahui bagaimana cara menulis kode menggunakan bahasa yang relevan. Lebih dari itu, kita harus konvensional dengan aturan menyangkut bahasa tertentu.
html
Didalam HTML, sintak ini disebut tag.Tag ditulis dengan tanda-kurung bersudut. Ada kelompok tag yang sudah dikenal didalam HTML, yang mana digunakan untuk berbagai tujuan. Sebagai contoh, dalam rangka memodifikasi satu baris teks ke dalam Bold, kita menerapkan tag bold dengan suatu tag , kemudian tulis beberapa teks atau suatu paragrap yang berisi beberapa teks,dan tutup tag menggunakan tag seperti dalam contoh listing 1.
Semua tag didalam HTML harus ditutup menggunakan sintak .Tetapi ada beberapa perkecualian pada aturan ini, yang mana kita akan mendiskusikanya nanti. Kita memakai tag ini sebab HTML bukanlah bahasa yang sensitip seperti C++ dan Java.
Struktur
Setiap kode HTML perlu ditulis dalam suatu struktur yang mana dapat dihubungkan dengan Word Wide Web.Tidaklah wajib untuk mengikuti struktur ini. Bagaimanapun juga, lebih baik mempraktekan langsung struktur ini sbg perancangan halaman web kita. Listing 1 menunjukkan struktur suatu halaman HTML sederhana:
Listing 1
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>
Text yang muncul di titlebar
</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
…….. isi…………
</BODY>
</HTML>
Langkah berikutnya adalah menyimpan struktur diatas, dan jangan lupa mengetik ekstensinya, contoh: halo.html dan berikutnya silahkan buka explorer lalu double klik…. apa yang keluar!! silahkan coba!

0 komentar on Materi – Dasar Pemrograman HTML :

Posting Komentar