serangan hacker terhadap sistem indonesia


            Cyber crime adalah kejahatan dimana tindakan criminal hanya bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi cyber dan terjadi di dunia cyber. Serangan hacker juga terjadi indonesia antara lain: 
1.    Anti hacker link / HC (hantu crew)
 
Di era keemasan para hacker sekitar tahun 1999 – 2000. Kelompok hacker legendaris Indonesia adalah anti hacker link. Puluhan situs lokal maupn luar negeri, pernah di acak oleh oleh kelompok  ini. Wenas agus setiawan adalah orang dibalik nama HC(hantu crew) pendiri kelompok ini.
Pada tahun 2000 sebelum berusia 17 tahun, dirinya tertangkap basah oleh kepolisian singapura ketika tengah melakukan hacking kesebuah jaringan computer di singapura melalui apartemennya di daerah toa payoh, singapura.
HC adalah hacker Indonesia yang pertama di adili. Dia hanya dikenakan denda Rp. 150 juta saja,dikarenakan usianya belum genap 17 tahun. Wenas ternyata banyak belajar dabn termotivasi melakukan hackng melalui chatroom.
2.    Xnuxer
Xnuxer aka schizooprenic (rip@2003), nama panggilan dani firmansyah di dunia bawah tanah. pada hari kamis tanggal 15 april 2004 xnuxer menemukan lubang sekuriti di situs tnp-KPU. dengan melakukan tes terhadap sistem sekuriti di situs tersebut dengan menggunakn teknik XSS (cross site scripting) dari IP 202.158.10.117.
Tanggal 21 april 2004 ia ditangkap satuan cyber crime direktorat reserse khusus kepolisian daerah metro jaya, beruntung xnuxer meng-hack situs KPU hanya karena ingin mengetes keamanan sistem computer/server tnp.kpu.go.id tanpa ada muatan politik di tambah sifatnya yang kooperatif dia di bui hanya 6 bulan 21 hari.
3.    Iqra syafaat
DPP partai golkar melaporkan terjadinya serangan pengrusakan terhadap situs Golkar.or.id serangan itu menyebabkan tampilan halaman menjadi deface. Ia menggantikan tokoh partai golkar yang termuat dalam situs dengan gambar gorilla putih tersenyum dan dibagian bawah dipasang gambar artis hollywood yang seronok dengan tulisan “Bersatu untuk malu”
Ia melakukan serangan terhadap situs itu sebanyak 1257 kali. Polisi akhirnya menangkap iqra syafaat a.k.a nogra pada tanggal 1 agustus 2006. Iqra melakukan serangan dengan IP address 222.129.136.52, 222.129.136.81, 222.129.136.101yang diketahu milik PT Infosys Indonesia di batam.
Dari IP address yang di telusuri poriia berhubungan dengan hacker  asing dari Malaysia, amerika, brasil, turki, dan Rumania.

Source :
-          Indonesia hacker  team (IHT)
-          blazterzt-error.blogspot.com

0 komentar on serangan hacker terhadap sistem indonesia :

Posting Komentar