Solusi Tidak Bisa Buka Software Center pada Ubuntu

Solusi Tidak Bisa Buka Update Manager dan Software Center pada Ubuntu

 

sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade 

 
Penjelasan ketiga perintah di atas:
  • Perintah pertama gunanya yaitu untuk me-’remove’ semua list yang terkandung pada direktori /var/lib/apt/lists/. Mengapa harus di-’remove’? Tak lain yaitu untuk membersihkan paket-paket unduhan yang tidak sempurna terpasang (sehingga menyebabkan error berupa tidak bisa dibukanya aplikasi ‘Update Manager’, ‘Ubuntu Software Center’, serta ‘Synaptic Package Manager’).
    Selama paket yang tidak sempura tersebut masih ada, selama itu pulalah proses pembaruan tidak akan bisa berjalan mulus, terutama pada lokasi/direktori yang bermasalah tersebut. Saya sudah membuktikan hal ini ketika coba memperbarui ulang paketnya usai terjadinya error tersebut. Ternyata tetap saja tidak bisa. Oleh sebab itulah, paket-paket yang tidak sempurna tersebut harus kita ‘remove’ dulu.
  • Perintah kedua berguna untuk memperbarui daftar paket, seperti halnya kita melakukan ‘update’ (baik melalui terminal maupun aplikasi ‘Update Manager’). Pada langkah ini prosesnya agak lama karena kita telah menghapus semua paket pada direktori yang bermasalah. Jadi, diperlukan paket unduhan yang agak besar untuk memperbarui kembali paket-paketnya (yang telah kita hapus tersebut).
  • Perintah ketiga yaitu untuk menginstal/memasang pembaruan daftar paket yang telah kita peroleh pada proses kedua. Pada tahap ketiga inilah kita memasang/menginstall kembali paket-paket pada lokasi/direktori yang sebelumnya bermasalah (yaitu pada lokasi /var/lib/apt/lists/).
Usai melakukan 3 langkah di atas, coba ‘reboot/restart’ Ubuntu Anda. Lalu coba buka kembali aplikasi ‘Update Manager’. Buka pula aplikasi ‘Ubuntu Software Center’ maupun ‘Synaptic Package Manager’.
Semoga berhasil dan memang benar-benar berhasil berdasarkan pengalaman saya :)
 

0 komentar on Solusi Tidak Bisa Buka Software Center pada Ubuntu :

Posting Komentar