perkembangan teknologi di 2013


Top Tech Predictions For 2013Kita terpukau oleh berbagai smartphone. Bagi perkembangan smartphone akhir – akhir ini, patutlah bila kita berkata “Woww”. Kita terpesona dan kemudian kecewa dengan penawaran umum saham perdana Facebook. Dan kita menonton dengan tegang perseteruan Apple VS Samsung di meja hijau.
Tapi semua itu terjadi di 2012. Sekarang kita telah memasuki 2013, jadi marilah kita bicara 2013. Apakah kita masih akan memperhatikan paten, smartphone, dan IPO? Jawabannya adalah “ya, ya, dan ya,” tapi tidak dalam cara yang Anda bayangkan. Jadi apa yang bisa kita harapkan tahun depan? Ini adalah beberapa prediksi tentang tren teknologi di tahun 2013 ini :

1. Persaingan di Apple


CEO Apple Tim CookTidak bisa dihindari. Luar biasa bagaimana Apple bisa mendominasi dalam waktu yang cukup lama pada pertumbuhan pasar yang tinggi. Tapi Samsung akhirnya menyalip Apple untuk memimpin dalam penjualan smartphone. Ini tidak dimaksudkan sebagai suatu tindakan memojokkan Apple. Kita telah melihat tantangan terhadap dominasi iPhone datang dan pergi. HTC tampak kuat untuk sementara waktu. Tapi secara kolektif, koleksi Android (dan mungkin bangunan perusahaan Windows Phone 8) akan menjadi luar biasa di masa mendatang. Dan, ya, pada akhir tahun 2013, kita bisa katakan tentang iPad apa yang kita sekarang mengatakan tentang iPhone.
“Ini adalah perubahan platform yang besar, ini seperti pertarungan 20 tahun yang lalu – Microsoft vs Apple,” kata Ketua Google Eric Schmidt dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg. “Kami memenangkan perang yang cukup jelas sekarang.” Schmidt menambahkan: “Strategi utama adalah untuk membuat kue yang lebih besar,” katanya. “Kami akan berfokus pada kue yang lebih besar yang tidak dikontrl dengan sempurna dan tidak dikelola dengan sempurna, melainkan berdasarkan sistem terbuka.”
Dengan kata lain, Google gembira melakukan terhadap Apple apa yang Microsoft lakukan terhadap Apple dua dekade lalu: Sedikit demi sedikit, menutup kesenjangan kualitas dan membanjiri pasar dengan pesaing yang lebih murah. Percaya atau tidak, hal tersebut akan melaju dengan pesat di tahun ini.

2. Pasar IPO memanas lagi, tetapi tidak untuk teknologi konsumen, melainkan untuk teknologi back-office / Enterprise Solution

Kurang berhasilnya Facebook untuk masuk ke dalam pasar publik mengurangi antusiasme Wall Street untuk media sosial dan teknologi konsumen. Perusahaan-perusahaan seperti Zynga dan Groupon pun tampak begitu goyah.
Apakah itu berarti Wall Street tidak tertarik untuk teknologi? Tidak sama sekali. Bintang-bintang teknologi besar dari dekade terakhir telah menciptakan masalah besar dan peluang bagi generasi berikutnya dari teknologi startups. Kita tidak bicara mengenai aplikasi yang “wow” tetapi lebih ke aplikasi di belakang layar, yang bekerja pada data yang besar, aplikasi cloud, dan open source. Bukan aplikasi yang dpakai oleh konsumen biasa, tetapi oleh kalangan perusahaan / enterprise.
Seperti yang mereka katakan, ikutilah uang. Dan di dunia teknologi, Anda mengikuti uang para venture capitalist. Acquia, sebuah perusahaan Massachusetts yang membangun sistem manajemen konten dengan cepat yang dibangun pada proyek open source Drupal, adalah salah satu perusahaan tersebut. Perusahaan ini menutup putaran investasi $ 30.000.000 pada akhir November, sehingga total dana yang telah diinvestasikan adalah sebesar $ 68.500.000. Jumlah investasi ini tumbuh sekitar 100 persen tahun lalu dan akan tumbuh lagi 80 persen tahun depan, dengan jumlah karyawan sebanyak 400 orang.  Para top eksekutif di Acquia berharap untuk go public dalam 12 sampai 24 bulan ke depan.
“Pada tahun 2010 dan 2009, adalah hampir mustahil untuk mendapatkan investor yang tertarik pada solusi perangkat lunak untuk perusahaan. Beberapa dari mereka mengatakan perangkat lunak bagi perusahaan sudah mati,” kata CEO Tom Acquia Erickson. “Sekarang kita melihat pembalikan tren itu.
Acquia tidak sendirian. Di Bellevue, Washington, SmartSheet, sebuah perusahaan yang mengembangkan spreadsheet dan perangkat lunak jenis lain untuk kerjasama bisnis, membawa kedua tipe perangkat luna tersebut ke era komputasi awan / cloud computing. SmartSheet mendapat pendanaan sebesar $ 26 juta pada bulan lalu. Dan hanya dua minggu lalu di Silicon Valley, Cloudera, yang telah membangun teknologi analisis data yang sangat besar, yang didasarkan pada proyek Apache Hadoop open-source, mendapat pendanaan sebesar $ 65 juta. Tahun ini, tren akan bergerak kembali ke teknologi untuk back office.3.

3. Banyak hal menarik akan terjadi di Microsoft

Windows Phone 8 Event2012 telah menjadi tahun di mana kita berbicara tentang kembalinya Microsoft di pasar konsumen. Windows 8 & Windows Phone 8 adalah buktinya. Microsoft sedang mengembangkan tablet baru yang bagus dalam bekerja, Microsoft Surface. Bisnis game masih akan kuat, dan begitu pula Enterprise Software.
Jadi apa sih yang terjadi? Masih terlalu dini untuk menilai penjualan Windows 8. Tapi  tampaknya akan begitu-begitu saja alias tidak menunjukkan perkembangan berarti. Hal yang sama bisa dikatakan untuk tablet Surface, yang telah menerima ulasan biasa-biasa saja. Bahkan Steven Sinofsky, orang yang bertanggung jawab untuk Windows 8 & Microsoft Surface, akan mengajar di Harvard Business School tahun ini bukannya menjalankan divisi Windows.
Ya, Microsoft menemukan dirinya dalam peran yang tidak biasa: pemimpin dari pasar yang tidak diharapkan untuk tumbuh lebih lagi, PC. Namun Microsoft juga adalah pemula dalam dua pasar yang sedang berkembang pesat, pasar smartphone dan tablet.
Dan karena Sinofsky pergi, Microsoft mendaki bukit ini tanpa pemimpin yang jelas. Jangan heran jika fokus Microsoft akan bergeser lebih lanjut ke Xbox dan Skype, yang tampaknya kurang dimanfaatkan oleh Ballmer & Co sejak diakuisisi pada tahun 2011.

4. Facebook akan terus mengotak – atik kita dan kita akan terus menyukainya


Mungkin seperti inilah hubungan cinta yang “complicated” : Sebuah perusahaan mengganggu penggunanya. Para penggunanya merasa dikhianati, kemudian menyerang dan bersumpah mereka tidak akan pernah menggunakan produk perusahaan tersebut lagi. Perusahaan meminta maaf (kadang-kadang mengatakan itu hanya salah paham atau sambil memberikan rayuan gombal), dan semua orang lupa tentang hal itu beberapa hari kemudian. Seperti iklan Telkomsel terbaru ketika pemeran pria di iklan tersebut mengatakan “Lanjutt..” dan memakan timun dari muka Sule.
Mark Zuckerberg FacebookSelamat Datang ke dalam “hubungan complicated, dan terkadang disfungsional” antara Facebook dengan para penggunanya. Kami mengatakan “pengguna” bukan “pelanggan” karena, seperti Nathan Bransford dari CNET menulis beberapa hari lalu, pengguna Facebook adalah produknya. Pelanggan Facebook adalah para pengiklan.
Prediksinya adalah seperti ini : akan ada setidaknya tiga lagi konfrontasi di tahun mendatang. Facebook sekarang merupakan sebuah perusahaan publik. Wall Street mengharapkan pertumbuhan, dan setelah Anda sudah melampaui 1 miliar pengguna, hukum nomor terikat untuk mengejar ketinggalan dengan Anda. Jadi Facebook akan terus mengotak – atik untuk mencari keuntungan lebih. Dan kenapa tidak? Kami akan terus datang kembali, lagipula Facebook bukanlah lembaga sosial, tetapi sebuah perusahaan.

5. Paten masih akan menghantui kita, namun solusi akan muncul

Masalah hak paten akan terus ada di 2013. Bahkan, Apple dan Samsung memiliki kasus pengadilan lain yang dijadwalkan untuk 2014. Tuntutan hukum yang melibatkan paten akan terus meningkat, dan teknologi – teknologi besar akan terus menghabiskan miliaran dollar untuk memperoleh portofolio hak paten. Tidak ada pada tanda – tanda yang menunjukkan bahwa hal ini akan berubah. Heck, kepala dari Kantor Paten Amerika Serikat bahkan berpikir semua tuntutan hukum mengindikasikan sistem ini bekerja dengan baik.
Sangatlah mudah untuk mengeluh tentang sistem hak paten dan betapa perlunya diadakan reformasi di bidang tersebut. Tapi inilah kenyataannya : Sistem hak paten direformasi tahun lalu, dan pada tahun saat negosiasi menjadi undang-undang, solusinya adalah kompromi encer yang tidak membuat banyak perbedaan. Teka-teki yang dihadapi reformis paten cukup sederhana: Ada “saudara kembar” dari teknologi. Salah satunya adalah teknologi tinggi dan yang lainnya adalah biotek / farmasi.
Haruskah perangkat lunak dan internet menjadi konsep yang tidak dapat dipatenkan ? Ide yang menarik , tapi tidak mungkin terjadi.
Namun, ada solusi pasar yang setiap teknisi pasti suka. Anda mungkin telah melihat di pengumuman penjualan Kodak bahwa ada disebutkan sebuah perusahaan bernama RPX. RPX, di San Francisco, sedang mencoba untuk bertindak sebagai clearinghouse untuk paten. Seperti Intellectual Ventures, RPX memperoleh hak paten. Tapi tidak seperti Intellectual Ventures, RPX berjanji untuk tidak menuntut. Perusahaan berlangganan RPX dan membayar tarif berdasarkan ukuran perusahaan dan pendapatan mereka. Perusahaan-perusahaan besar membayar lebih dari anak-anak kecil. Tampaknya adil, kan ?

#sumber: http://webwib.com/berita-it-hari-ini-prediksi-perkembangan-teknologi-di-2013/

1 komentar:

The Geeks mengatakan... on 16 Mei 2014 01.22

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

Posting Komentar