Cara Menginstal Firefox 12 di Ubuntu

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya pengguna Ubuntu untuk menginstal dan mengupdate sistem mereka dengan web browser yang sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu Mozilla Firefox 12.0.
Mozilla Firefox 12 sebenarnya belum saatnya dirilis, versi ini masih dalam tahap Beta saat ini, tetapi walaupun masih Beta, Firefox 12 sudah memiliki fitur seperti kemampuannya untuk mem-paste URL di jendela download manager, line numbers untuk penampil Page Source, title attribute yang mendukung line breaks (jeda baris), peningkatan Find in Page ke hasil pencarian yang terpusat, menambahkan properti column-fill CSS, menambahkan dukungan untuk properti text-align-last CSS, dan menambahkan dukungan eksperimental untuk object ECMAScript 6 Map dan Set.
Firefox versi 12 ini juga merupakan rilis yang penting bagi Ubuntu user, karena akan menjadi web browser default untuk distro Ubuntu 12.04 LTS yang mendatang dan user harus sudah mencicipinya terlebih dahulu, dan karena tidak akan ada Firefox versi lainnya sampai bulan Juni nanti.
Mozilla Firefox 12.0 dapat diinstal di sistem operasi Ubuntu berikut: Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin), Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot), Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) dan Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx).
Untuk menginstal Mozilla Firefox 12.0 pada sistem Ubuntu sobat, cukup ikuti tutorial atau langkah step-by-step berikut (lengkap dengan screenshot-nya).
  • Step 1: Tambahkan repository Firefox 12.0
Apapun sistem operasi Ubuntu yang sobat gunakan (lihat lagi OS yang didukung di atas), jalankan Terminal dan kita paste-kan command/perintah berikut:
sudo add-apt-repository ppa:mozillateam/firefox-next

Kemudian tekan Enter, ketikkan password sobat ketika ditanya dan tekan Enter. Tekan Enter lagi saat ditanya.
Jangan close (tutup) jendela Terminal nya. Lalu kita lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Step 2: Menginstal Firefox 12.0 di Ubuntu
Sekarang kita paste-kan command/perintah berikut di jendela Terminal yang sama:
sudo apt-get update && sudo apt-get install -y firefox
Instalasi Firefox yang sudah ada di Ubuntu sobat akan ditimpa. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan close/tutup jendela Terminal.
Instalasi pun sudah selesai! Sekarang Mozilla Firefox 12.0 yang baru sudah sepenuhnya diinstal di Ubuntu sobat. Sobat harus merestart Firefox nya agar dapat melihat perubahannya.
Dari waktu ke waktu, Web browser Mozilla Firefox akan meng-upgrade secara otomatis ke versi yang lebih baru, jadi pastikan sobat mengupdatenya secara berkala agar tidak ketinggalan.

0 komentar on Cara Menginstal Firefox 12 di Ubuntu :

Posting Komentar