Etika Berpakaian dalam Lingkungan Kampus

Kepribadian seseorang dapat dilihat dari bagaimana ia berpakaian. Membicarakan tentang etika berpakaian dalam dunia perkuliahan, saya pernah melihat mahasiswi yang menggunakan pakaian yang sepertinya kurang pantas ia kenakan dalam lingkungan kampus. Dimana kala itu ia mengenakan rok pendek dengan stocking hitam tipis, memakai make-up yang berlebihan, dan bertutur kata agak kurang baik. Bukan ingin menghakimi orang lain hanya karena saya berpakaian yang biasa saja ke kampus, tetapi dengan melihat seseorang berpakaian seperti itu saya sebagai mahasiswi merasa prihatin.
Berpakaian yang baik dalam lingkungan kampus dapat kita lakukan seperti :
1. Berpakaian yang sopan

Sebaiknya dalam lingkungan kampus berpakaianlah yang sopan. Tidak harus mengenakan kemeja dan rok seperti saat praktikum, tetapi pakaian yang tidak terbuka (memamerkan bagian tubuh yang sensitif) dan tidak transparan (tipis). Jika ke kampus juga sebaiknya tidak menmakai sendal jepit. Karena tujuan kita adalah menimba ilmu, bukan untuk jalan-jalan seperti ke mall atau tempat rekreasi.

2. Berpakaian yang bersih dan rapi

Mengenakan pakaian yang bersih dan rapi serta cocok untuk ukuran kita tentu saja akan menciptakan kenyamanan. Baju yang telah dicuci akan terlihat enak dilihat saat dikenakan ketika sudah disetrika. Tidak setelah kering dan belum disetrika langsung dipakai.

3. Tidak melanggar peraturan

Ke kampus tidak perlu mengenakan pakaian yang ingin dianggap beda dengan yang lain. Dilihat dari peraturan kampus juga, apakah kampus tersebut mewajibkan mahasiswa/i nya mengenakan kemeja atau tidak.

4. Tidak mengganggu orang lain

Maksutnya adalah kenakan pakaian yang tidak mengganggu pemandangan. Karena pakaian yang kita kenakan minim atau nampak terlihat seksi dimata orang lain akan mengundang orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.

5. Berpakaian dengan aksesori

Boleh saja ke kampus mengenakan aksesori untuk mempercantik diri, tetapi disesuaikan juga dengan kebutuhan dan tempat. Kita tidak perlu mengenakan barang yang bermerek dan mahal. Apalagi jika mengenakan perhiasan yang mencolok.

6. Make-up

Ini sudah bukan suatu hal yang asing. Make-up. Jika tidak make-up akan terlihat pucat. Ya, mungkin memang hal itu benar adanya. Tetapi pakailah make-up yang tidak menor (bahasa anak muda). Tidak perlu dengan pulasan eye shadow atau blush on yang sangat terlihat jelas. Dengan sedikit bedak dan lipgloss atau lipbalm saja sepertinya cukup.

Saya sendiri sebagai mahasiswi memang hanya berpakaian yang biasa saja ke kampus. Karena menurut saya dengan mengenakan pakaian yang nyaman di kampus atau dimanapun akan membuat kita tidak risih dan tidak mengundang orang lain yang ingin berniat jahat. Dengan berkembangnya zaman dan era globalisasi, fashion style sangat mempengaruhi tiap individu. Jika individu tersebut senang terhadap trend masa kini dan ingin mengikutinya, tentu saja ia akan membeli dan mengenakannya agar selalu update dengan fashion yang terus berkembang. Tetapi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan keserasian.

0 komentar on Etika Berpakaian dalam Lingkungan Kampus :

Posting Komentar