Wisata Di Danau Tempe

Danau Tempe merupakan salah satu objek wisata air yang terletak di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Danau seluas 13.000 hektar ini sangat diminati wisatawan. Bagaimana tidak, danau ini adalah penghasil ikan tawar terbesar di dunia!
Selain itu, danau yang terletak sekitar 7 km dari Kota Sengkang ini ternyata mempunyai spesies ikan tawar yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Alasan itu juga yang membuat para wisatawan nonlokal berdatangan ke danau ini. 
Di tengah-tengah Danau Tempe, tersedia beberapa rumah terapung. Rumah milik nelayan ini biasanya digunakan oleh wisatawan untuk menikmati panorama alam di sekitar danau. Pengunjung juga dapat menikmati pesona indahnya suasana di Danau Tempe, seperti menyaksikan beragam satwa burung, beberapa bunga, dan rumput air yang terapung di permukaan danau. Pada malam hari, pengunjung dapat melihat keindahan rembulan yang menerangi danau ini sambil memancing ikan. 
Perlu Anda ketahui, setiap tanggal 23 Agustus diadakan festival laut di Danau Tempe. Acara ini disebut Maccera Tappareng atau upacara menyucikan danau yang ditandai dengan pemotongan sapi. upacara ini dipimpin oleh seorang ketua nelayan. Terdapat juga  berbagai atraksi wisata yang sangat menarik dalam kemeriahan festival nelayan ini. 
Selain peserta upacara yang berpakaian adat Bugis (Baju Bodo), acara ini juga diramaikan oleh beberapa lomba, seperti lomba perahu tradisional, perahu hias, permainan rakyat (layangan tradisional, pemilihan anak dara, dan kallolona Tanah Wajo), menabuh lesung, pagelaran musik tradisional, dan tari bissu yang dimainkan oleh waria.
Jika Anda ingin berkunjung ke sana, Anda bisa menempuh jalur darat dari kota Sengkang ke Sungai Walennae dengan mobil pete-pete atau yang biasa kita sebut mikrolet. Setelah sampai di Sungai Walennae, Anda dapat meneruskan perjalanan dengan menaiki perahu motor dengan biaya sebesar Rp50.000 hingga Rp75.000 per orang. Perjalanan dengan perahu motor memakan waktu sampai tiba di Danau Tempe selama 30 menit perjalanan.
Keindahan Danau Tempe memang mengundang wisatawan asing untuk menikmatinya. Wisatawan yang datang juga bisa menginap di rumah terapung milik nelayan dan bebas memancing ikan sambil menyaksikan cantiknya panorama Danau Tempe pada malam hari. Jangan lewatkan keindahan Danau Tempe dengan pesonanya yang memukau serta beragam spesies ikan air tawar yang bisa Anda peroleh di sini.

0 komentar on Wisata Di Danau Tempe :

Posting Komentar