Objek Wisata Londa

Londa merupakan salah satu objek wisata yang paling popular di Tana Toraja. Hampir setiap saat tempat ini dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara dari berbagai belahan dunia. Keunikan budaya masyarakat Tana Toraja menjadikan Londa sebagai objek wisata yang menantang. Hal ini disebabkan karena Londa menyimpan banyak mayat dari berbagai usia dan status sosial dalam masyarakat Tana Toraja.

Objek wisata Londa terletak di desa Sandan Uai yang berjarak kurang lebih 6 km dari arah selatan Rantepao. Londa berwujud sebuah tempat pemakaman dari bebatuan kapur dimana terdapat banyak deretan tau-tau di sepanjang dinding bukit, tulang dan tengkorak serta erong di dalam dinding goa. Goa Londa sendiri panjangnya mencapai kurang lebih 1000 meter sehingga untuk masuk ke dalamnya dibutuhkan nyali yang cukup besar karena suasananya yang menegangkan di mana hampir di sepanjang dasar dinding goa terdapat tulang dan tengkorak kepala manusia yang berserakan. Karena di dalam goa tidak terdapat fasilitas penerangan maka anda harus membawa sendiri peralatan seperti senter dan lampu minyak tanah, kalaupun tidak punya anda dapat menyewanya dari penduduk yang biasanya mangkal di mulut goa.

Menurut adat Tana Toraja, setiap jenasah di Goa Londa yang dimakamkan melalui upacara adat tertinggi akan dibuatkan replikanya dalam bentuk patung yang dinamakan tau-tau lengkap dengan pakaian adat Toraja sedangkan mayatnya disemayamkan dalam peti mati khas yang disebut erong. Seringkali juga pada tau-tau disertakan benda kesayangan dari sang mendiang, seperti makanan, rokok dan sebagainya. Posisi erong pun dibedakan menurut status sosialnya. Semakin tinggi letak erong pada dinding gua semakin tinggi pula status sosialnya di masyarakat Tana Toraja.

Goa Londa merupakan salah satu tempat sakral di antara berbagai objek wisata lainnya di Tana Toraja. Oleh karena itu, sebelum memasukinya para pengunjung dianjurkan untuk membawa sesajian sebagai permohonan izin, seperti pinang, sirih, serta bunga. Selain itu, anda tidak diperkenankan untuk mengambil ataupun mengubah posisi mayat, tulang, tengkorak, erong dan tau-tau.

Akses menuju Londa cukup mudah dan jalanan menuju kesana juga cukup baik. Perjalanan dapat ditempuh melalui jalur darat maupun udara. Untuk jalur udara dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Pongtiku di Toraja memakan waktu sekitar 45 menit sedangkan jalur darat dari Makassar menuju Tana Toraja membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan.

0 komentar on Objek Wisata Londa :

Posting Komentar