Napak Tilas Injil Masuk Toraja di Bagian Barat Tana Toraja

Napak Tilas Injil Masuk Toraja di Bagian Barat Tana Toraja
Dalam perayaan 100 tahun Injil Masuk Toraja, dimana salah satu Acara Pokok adalah  mengadakan  “Napak Tilas”  untuk mengenang kembali perjalanan para pendeta penginjil dan para guru yang telah mengambil bagian dalam pelebaran Kerajaan Allah di Toraja
          Untuk daerah Tana Toraja bagian barat dijadwalkan akan di mulai tanggal 17 Mei selama 6 hari perjalanan atau sampai dengan tanggal 23 Mei 2013.
Adapun perjalanan napak tilas tersebut di atas dibagi dalam dua group/ rute dan masing-masimh group terdiri dari 14 anggota atau total peserta 28 orang. Peserta group diambil dari 2 orang  wakil Pemuda Gereja Toraja di 12 klasis yang dilalui ditambah 4 orang Pendeta pendamping.
          Rute pertama dimulai dari (secara berurutan) Jemaat Miallo terus ke Jemaat Kondodewata, Jemaat Sima/Simbuang, Jemaat Leppan, Jemaat Sandangan/ Mappa’, Jemaat Mariri/ Poton, Jemaat Maroangin, Jemaat Batutu/ Rano, Jemaat Bena (Semba) dan berakhir di Jemaat Sangayoka.
          Rute kedua dimulai dari (secara berurutan) Jemaat Ratte/ Masanda, terus ke Jemaat Bittuang, Jemaat Se’seng, Jemaat Ulusalu, Jemaat Malimbong, Jemaat Banga, Jemaat Pa’tekke, Jemaat Pangdo/ Palesan, dan berakhir di Jemaat Sangayoka.  
          Perjalanan napak tilas ini berakhir di Jemaat Sangayoka sekaligus untuk berziarah ke makam Pendeta Joesoef  Tappi’, salah seorang Pendeta pertama orang Toraja yang mati sahid atau martir dalam Pekabaran Injil.
Menurut Panitia, disetiap Jemaat yang dilalui atau di singgahi akan diisi acara ibadah dan diskusi mengenang berdirinya Jemaat tersebut serta mereka yang telah bertugas di daerah tersebut baik sebagai Pendeta, Guru Injil, Guru jemaat maupun Guru-guru.
Dalam perjalanan dari satu Jemaat ke Jemaat berikutnya para peserta napak tilas akan disertai oleh anggota Pemuda Gereja Toraja/ PPGT dari Jemaat sebelumnya. Misalnya dari Jemaat Miallo ke Jemaat Kondodewata dalam perjalanan tersebut disertai PPGT Jemaat Miallo, demikian seterusnya secara estafet.
          Untuk peralatan napak tilas ini peserta sebanyak 28 orang di beri perlengkapan berupa sepatu, ransel, sleeping bag, jacket, baju kaos, senter, jas hujan dan lain-lain.
          Panitia pada kesempatan ini menyatakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keturunan Pendeta Joesoef  Tappi’ yang berdomisili di Jakarta yang bersedia menjadi sponsor dalam pengadaaan perlengkapan tersebut.
Demikian juga kepada Jemaat-jemaat yang akan di lewati oleh peserta napak tilas yang telah menyatakan kesediaan ikut mengambil bagian dalam penyelenggaraaan acara ini baik dalam menyediakan acara, konsumsi maupun tempat menginap peserta. Panitia menyatakan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Dan  juga kepada Pemerintah Daerah, Ketua DPRD Tana Toraja serta ketua BPS Gereja Toraja ,  Ketua wilayah III,  Ketua Klasis, para  Pendeta, serta Tokoh-tokoh Masyarakat setempat yang mendukung penuh acara ini, melalui media ini panitia mengucapkan terima kasih.  Ketua Panitia napak tilas adalah Drs. Anes Tandi.
 Kiranya dalam acara ini nama Tuhan saja yang dipermuliakan.

0 komentar on Napak Tilas Injil Masuk Toraja di Bagian Barat Tana Toraja :

Posting Komentar